Apa Itu Custom Rom [LENGKAP]




Hello Guys...
Kalian bosan dengan tampilan HP kalian? atau kalian punya hp android jadul yang lemot saat dipakai atau tampilan yang kurang menarik??
yupp Custom Rom jawabannya :v

Apa itu Custom Rom? 
Ok sebelum kita ke pembahasan yang lebih jauh kita bahas dulu tentang, apa itu Custom Rom.
Custom Rom adalah suatu firmware pengganti bawaan perangkat android, Firmware ini di buat oleh Pihak ketiga atau Bukan dari pihak developer hp tersebut.
Ada banyak jenis Cusrom di dunia ini, Dari berbagai jenis Cusrom itu berbeda-beda jenis dan fungsinya ada yang lebih mengunggulkan keringanan (smooth), dan ada juga yang mengunggulkan Tampilan yang menarik.

Cusrom yang Lebih mengunggulkan keringanan yaitu cusrom yang bertujuan untuk membuat hp android sobat lebih enteng dan smooth dari pada firmware bawaan hp sobat, Hebatnya Cusrom tipe ini juga mungkin saja bisa menjalankan aplikasi dan game jaman sekarang yang bisa di sebut "BERAT".
Adapun Cusrom yang lebih mengunggulkan Tampilan yang menarik agar sang user android seperti agan-agan tidak bosan dengan tampilan hp yang itu-itu aja, Biasanya developer akan menyediakan banyak tema-tema menarik yang bisa di gunakan untuk hp sobat.
Adapun Kelebihan dan Kekurangan Custom Rom.

Kelebihan Cusrom
Kelebihan dari melakukan cusrom itu membuat smartphone sobat menjadi lebih Ringan, Menarik, dan Tidak membosankan untuk di gunakan selain itu jika sobat mempunyai smartphone jadul yang mempunyai RAM kecil Cusrom bisa menjadi jalan keluar agar smartphone jadul itu bisa di pakai lagi. 

Kekurangan Cusrom
Kekurangan dari melakukan Custom Rom pada smartphone android itu bermacam-macam mulai dari Hilangnya Garansi, Terjadi Botloop karna pemasangan atau tipe kernel yang tidak cocok dengan hp sobat, dan yang lebih parah adalah terjadi Hardbrick bahkan Matot, Jadi jangan coba-coba melakukan custom rom jika sobat belum terlallu paham dengan dunia android.
tapi jika sobat memaksa atau terpaksa untuk melakukan cusrom lebih baik dobat baca-baca dulu tentang cara melakukan cusrom atau bisa tanya-tanya ke mimin :) 

Macam-Macam Cusrom 
Cusrom itu ada bermacam-macam, Berikut adalah Macam-macam Cusrom :

CyanogenMod
salah satu Rom custom paling terkenal dalam sejarah (lebay_-)
Kenapa mimin coret karna Developer CyanogenMod sudah tidak lagi mengmbangkan Rom jenis ini karna sudah berganti nama menjadi LineageOS

LineageOS
Rom keturunan CyanogenMod ini menjadi primadona dikalangan pecinta cusrom, Kenapa?
pasalnya rom jenis ini sangat ringan dan mempunyai banyak kelebihan diantaranya  Jarang Terdapat Bug, Banyak Tema menarik yang bisa di download di Playstore, Bnyak device yang support dengan rom ini, dan juga developer yang masih aktif untuk mengembangkan rom jenis ini. Sekarang
LineageOS sudah mencapai android versi 8.1.0(Oreo). 
Lineage memiliki sebuah launcher yang ringan, aplikasi kamera yang kaya fitur, serta beberapa aplikasi bawaan yang dirancang untuk tidak menghabiskan ruang kosong — baik di memori internal maupun RAM. Sama seperti CyanogenMod, Lineage juga memiliki profil volume, yang secara otomatis mampu mengatur volume smartphone pada kondisi tertentu.
Dan keuntungan terbesar dengan menggunakan custom ROM ini adalah: smartphone lamamu akan menjadi kencang seperti baru. Jadi, alih-alih membuang smartphone lamamu atau menyimpannya di gudang, tidak ada salahnya untuk “menghidupkannya kembali” dengan ROM ini.

Resurrection Remix
Resurrection Remix, Rom yang paling stabil dan mempunyai banyak fitur unik untuk merubah dan mengedit tampilan layar android sesuka hati, dari mulai Bar status, App Drawer, Lockscreen, Tombol Navigasi, Hingga animasi layar. Jika hp android sobat memiliki Layar AMOLED saya sarankan untuk menggunakan tema Pitch Black untuk menghemat baterai hp sobat.

PAC-man ROM
Rom yang merupakan gabungan dari 3 rom sekaligus yaitu CyanogenMod, ParanoidAndroid, dan AOKP. Dengan penggabungan tersebut membuat Rom ini menjadi kaya fitur dan sangat stabil.
Tapi pengembangan Rom ini berhenti pada android versi 4.4(kitkat)

SlimRoms 
Seperti namanya rom ini sangan kecil dan ringan untuk di pasang di hp android sobat, Rom ini menghapus beberapa fitur pada sistem android jadi akan memakan RAM yang cukup kecil dari pada rom lainnya, Tetapi tidak menghilangkan kestabilan rom tersebut.

Ada salah satu fitur yang menarik pada rom ini. Jika sobat belum puas dengan Kerampingan Rom ini sobat bisa menghapus sendiri fitur-fitur yang tidak sobat suka dan tidak digunakan melalui fitu SlimCenter yang terdapat pada menu pengaturan SlimRoms, Rom ini sangat cocok bagi sobat yang mempunyai smartphone android jadul.

AOKP
AOKP merupakan singkatan dari Android Open Kang Project, Nama AOKP berawal dari plesetan singkatan AOSP. Awalnya nama tersebut hanya lelucon, Tapi karna banyak orang yang menyukai nama ini, sang Developer pun menggunakan nama ini untuk Rom buatannya.

Salah satu fitur yang mimin suka di rom ini adalah fitu tap-to-wake jadi ketika smartphone sobat dalam keadaan sleep sobat hanya perlu mengetuk layar hp sobat untuk membangunkan hp tersebut.

Itulah sedikit penjelasan dan macam-macam Custom Rom.
Jadi intinya kita harus mensyukuri apa yang ada dan terus berusaha :v (kagak nyambung kata-katanya b******-_-)
btw kalo ada yang gak paham bisa komen di bawah ea :)
Previous
Next Post »